Artikel 9   cover

CIPTAinvestasi - Usai Lebaran, Jadikan Investasi Sebagai Gaya Hidup

Artikel 9 #CIPTAinvestasi

 

Lebaran telah usai. Badan lelah, uang habis. THR pun lenyap entah kemana? Tidak tersisa bahkan tabungan pun ludes. Itu semua terjadi karena kita tidak mampu mengendalikan nafsu konsumtif. Terlalu membesarkan gaya hidup. Hingga “gagal” menjadikan investasi sebagai gaya hidup. Kocek terkuras akibat gaya hidup.

 

Adalah fakta, lebaran sering dijadikan momentum “unjuk diri”. Maka, banyak orang kalap dalam memperlakukan uang. Tidak sedikit dari kita yang berhutang hanya untuk keperluan lebaran. Pinjam sana, pinjam sini, hanya buat lebaran. Lagi-lagi tiap usai lebaran, kantong cekak, tabungan ludes. Wajar banget. Prinsipnya sederhana, habiskan saja selagi masih ada.

 

Patut dikoreksi, begitulah cara orang zaman now dalam mengelola keuangan. Usai lebaran kali ini, cara pandang tentang uang dan investasi harus mulai dibenahi. Kita boleh berhasil “menahan diri” selama puasa. Tapi di saat yang sama, kita gagal menahan diri dalam urusan uang dan investasi.

 

Maka usai lebaran, jadikanlah investasi sebagai gaya hidup. Karena gaya hidup bukan hanya urusan status sosial, bukan soal mengumbar nafsu konsumtif. Apa lagi untuk kepentingan pamer atau urusan yang tidak terlalu penting. Kenapa uang kita habis? Karena kita terlalu gemar mempertontonkan gaya hidup dan nafsu konsumtif. Bertindak karena “keinginan” bukan karena “kebutuhan”.

 

Ada pepatah "lebih besar pasak dari pada tiang". Artinya, pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan. Pepatah itu menjadi bukti orang-orang yang gagal mengelola keuangan. Maka ke depan, mereka patut jadikan investasi sebagai gaya hidup.

 

Investasi bukan soal “gimana nanti”. Tapi investasi adalah “nanti gimana”.

Mulailah untuk investasi agar lebaran tahun depan tidak lagi mengandalkan THR, tidak lagi kehabisan uang. Caranya sederhana, memulai investasi dari sekarang. Memulai investasi semampu kita, dari dana yang ada pada diri kita.

 

Gimana cara menjadikan investasi sebagai gaya hidup?

Sederhana, mulailah sisihkan dana 10% - 20% dari gaji setiap bulannya untuk investasi. Caranya dengan ikut menjadi investor reksadana. Karena reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang cukup prosfektif. Maka, jadikan investasi sebagai gaya hidup. Karena dengan begitu, kita pun bias terbeas dari beban keuangan di masa depan sekaligus mampu mempertahankan gaya hidup.

 

Salah satu bentuk reksadana yang dapat dipilih, antara lain berbentuk RDPT (Reksa Dana Pendapatan Terbatas) berupa Surat Berharga Perpetual. Hebatnya, reksadana ini tidak memiliki tanggal jatuh tempo namun memberikan rate 8.25% pa dengan pembayaran kupon setiap 3 bulan. Selain itu, DIRE Ciptadana pun dapat menjadi pilihan dalam memulai dan membiasakan investasi.

Dengan pengalaman lebih dari 27 tahun, Ciptadana Asset Management (CAM) merupakan salah satu manajer investasi di Indonesia yang mengelola dana nasabah secara profesional. Saat ini CAM memiliki produk reksadana unggulan yang dapat memenuhi harapan masyarakat seperti: DIRE (Dana Investasi Real Estate).

 

Selain itu, untuk memastikan target investasi dan bertumbuhnya kekayaan financial nasabah, CAM juga menawarkan produk reksadana yang kompetitif dan terjangkau seperti: Rencana Cerdas, Cipta Syariah Equity (Saham), Cipta Syariah Balance, Cipta Dinamika (Campuran), Cipta Bond (Pendapatan Tetap), dan Cipta Dana Cash (Pasar Uang). Saat berani membuat keputusan investasi yang tepat, CAM selalu siap mendampingi Anda. #CIPTAinvestasi #ReksadanaCAM

 

Penulis: Syarif Yunus/CAM

Untuk membaca artikel sebelumnya bisa klik di sini: Puasakan Gengsi, Biasakan Investasi