1 milenial final copy   cover2

Uang di Mata Kaum Milenial

Kaum milenial harusnya tersentak. Ketika Presiden Joko Widodo beli motor “Chopper” seharga Rp. 140 juta pakai uang pribadi. Karena kaum milenial zaman now, bisa jadi banyak uangnya. Tapi belum tentu bisa beli barang yang bisa memuaskan hobby-nya.

Kaum milenial pasti paham profesinya. Apalagi kondisi uangnya. Tapi gak banyak kaum milenial yang punya “cara pandang” yang pas tentang uang. Sementara kaum milenial, bisa jadi disebut generasi paling fenomenal di abad ini. Selain terlahir di era teknologi yang serba canggih. Kaum milenial dikenal sebagai kelompok anak muda yang sangat kreatif dan menyukai tantangan. Orientasi hidup mereka bertumpu pada kinerja. Wajar, kaum milenial terlalu mudah menghasilkan uang. Hidupnya pun idealis.

Hampir 32% penduduk Indonesia saat ini isinya kaum milenial. Mereka, generasi muda berusia 17-34 tahun yang sangat produktif. Di tangan mereka, bangsa ini akan semakin besar. Semakin mudah dibikin maju. Namun sayang, gaya hidup kaum milenial biasanya kurang terencana, kurang terkontrol.

Satu hal saja, kaum milenial tergolong sulit mengatur keuangan. Mereka lebih senang memprioritaskan gaya hidup. Kadang bersikap hedonis. Pikirannya idealis. Namun cara mengelola keuangan minimalis. Di mata kaum milenial, uang terlalu mudah dicari. Tapi mudah pula untuk dihamburkan.

Perilaku paling kentara kaum milenial adalah lebih suka gaya hidup daripada menabung. Nongkrong di kafe, belanja fashion, hingga beli gadget. Itu semua jadi prioritas kaum milenial. Maka di saat yang sama, menabung atau investasi relative diabaikan. Konsekuensinya, sebagian besar kaum milenial tidak punya anggaran bulanan yang baik. Uang mudah dating tapi mudah pergi. Bahkan mungkin, menjadi “lebih besar pasak daripada tiang”. Lebih banyak uang yang keluar daripada uang yang masuk.

Sebagai solusi keuangan, kaum milenial zaman now harus mulai “aksi nyata” untuk mengatur keuangan jangka panjang. Mulai menabung atau investasi di saat uang banyak. Dan tetap punya gaya hidup tanpa melupakan investasi. Sehingga hari ini tetap dapat dinikmati.Tapi hari esok pun tetap sejahtera. Karena uang yang diperoleh hari ini, belum tentu sama banyaknya dengan yang diperoleh hari esok.

Maka solusinya, tidak ada pilihan lain. Kaum milenial harus mulai berani investasi. Dengan menunda sedikit kenikmatan hari ini untuk alokasi kesejahteraan di hari depan. Caranya, mulailah untuk melirik alternative investasi. Tentu, investasi yang sesuai dengan kaum milenial. Lalu apa investasi yang paling pas untuk kaum milenial? Tentu bukan properti, bukan pula tabungan. Tapi yang paling pas adalah Reksa Dana. Menyetor uang untuk dibelikan Reksa Dana sesuai tujuan investasi dan keuanganAnda.

Uang di mata kaum milenial. Harus diubah dari “gaya hidup’ menuju ke “investasi”. Tentu, pilih cara yang mudah dan sederhana.

Dengan pengalaman lebih dari 27 tahun, Ciptadana Asset Management (CAM) merupakan salah satu manajer investasi di Indonesia yang mengelola dana nasabah secara profesional. Untuk memastikan target investasi dan bertumbuhnya kekayaan financial nasabah, CAM menawarkan beragam Reksa Dana yang kompetitif dan terjangkau seperti : Rencana Cerdas, Cipta Syariah Equity (Saham), Cipta Syariah Balance, Cipta Dinamika (Campuran), Cipta Bond (Pendapatan Tetap), dan Cipta Dana Cash (Pasar Uang). Saat berani membuat keputusan investasi yang tepat, CAM selalu siap mendampingi Anda.

 

#CIPTAInvestasi

#ReksadanaCAM

 

Penulis : SyarifYunus/CAM